Visi
Terwujudnya peserta didik yang berprestasi dan berkarakter berdasarkan iman dan taqwa, aktif, kreatif, inovatif, terampil dan mandiri, serta berwawasan lingkungan
Misi
B. Berprestasi merujuk pada:
a. Pencapaian Akademik Tinggi: Siswa yang berprestasi cenderung memiliki
nilai atau skor ujian yang sangat baik dalam mata pelajaran tertentu.
b. Penghargaan atau Pengakuan: Siswa yang berprestasi bisa meraih
penghargaan, seperti sertifikat, penghargaan akademik, atau beasiswa
berprestasi.
c. Partisipasi dalam Kegiatan Ekstrakurikuler: Meskipun prestasi akademik
biasanya menjadi fokus utama, berprestasi dalam bidang pendidikan juga bisa
mencakup keberhasilan dalam kegiatan ekstrakurikuler seperti olahraga, seni,
atau organisasi siswa.
d. Kepemimpinan dan Keterlibatan: Siswa yang berprestasi seringkali
menunjukkan kemampuan kepemimpinan dan keterlibatan aktif dalam komunitas
sekolah mereka, seperti menjadi ketua kelas, OSIS atau berpartisipasi dalam
kegiatan sosial.
e. Pengembangan Keterampilan Khusus: Beberapa siswa mungkin berprestasi
dalam mengembangkan keterampilan khusus, seperti berbicara di depan umum
atau menulis,
Berkarakter merujuk pada sikap beriman dan bertaqwa, aktif, kreatif, inovatif,
terampil dan mandiri, serta berwawasan lingkungan”.
C. Misi
Berdasarkan visi dan indikator visi yang sudah dideskripsikan di atas,maka misi
SMP Negeri 1 Borong adalah:
1. Menyusun kurikulum sekolah
a. Pengembangan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP)
b. Tersedianya Capaian pembelajaran dan silabus mata pelajaran yang
mengintegrasikan Pendidikan Lingkungan Hidup.
c. Pengembangan Mata Pelajaran Muatan Lokal
d. Tersedianya kalender pendidikan.
e. Tersedianya Tujuan, Alur Tujuan Pembelajaran, kompetensi dasar dan
indikator-indikator pencapaian kompetensi.
f. Tersedianya Modul ajar dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran untuk
semua mata pelajaran.
2. Melaksanakan pembelajaran yang inovatif.
a. Mewujudkan berbagai model atau metode pembelajaran bertaraf
nasional untuk memungkinkan pembelajaran yang aktif, kreatif,
inovatif, efektif dan menyenangkan.
b. Mewujudkan berbagai strategi pembelajaran berbasis ICT yang aktif,
kreatif, efektif dan menyenangkan.
c. Menyusun berbagai program untuk mendukung keterlaksanaan
pembelajaran.
d. Mewujudkan proses pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan
hidup sebagai salah satu sumber pembelajaran.
3. Melaksanakan kegiatan ekstrakurkuler unggulan
a. Mengikuti Jambore Pramuka Penggalang pada berbagai jenjang
b. Menjuarai pertandingan O2SN jenjang kabupaten
c. Menjuarai lomba kesenian jenjang kabupaten
d. Menjuarai lomba KSN jenjang kabupaten
4. Melaksanakan kegiatan imtaq secara rutin
a. Melaksanakan sholat lima waktu
b. Melaksanakan kegiatan pesantren kilat
c. Mengikuti koor di Gereja
d. Katekese siswa
5. Terwujudnya standar kompetensi lulusan yang bertaraf nasional.
a. Menyusun standar SKL yang bertaraf nasional yang berlaku di sekolah
b. Memperluas dan memperdalam cakupan SKL sekolah menjadi SKL
bertaraf nasional
c. Meningkatkan apresiasi karya seni dan budaya daerah dan nasional
d. Meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi secara
efektif dan santun dengan bahasa Inggris.
e. Meningkatkan pemahaman jiwa kewirausahaan yang ramah terhadap
lingkungan.
6. Terpenuhinya standar sarana dan prasarana pendidikan yang bertaraf
nasional.
a. Menyusun program dalam upaya pengembangan fasilitas bertaraf
nasional
b. Mewujudkan fasilitas pokok sekolah yang bertaraf nasional.
c. Mewujudkan fasilitas pendukung bertaraf nasional.
d. Mengembangkan pemeliharaan dan perawatan fasilitas sesuai Standar
Nasional Pendidikan
7. Memiliki tenaga pendidik dan kependidikan yang memiliki kompetensi dan
kualifikasi untuk mengelola sekolah bertaraf nasional.
a. Meningkatkan kemapuan komputer dan internet bagi semua warga
sekolah.
b. Meningkatkan kemampuan guru dalam bidang studinya sesuai latar
belakang pendidikannya.
c. Mengembangkan Sertifikasi Profesi sebagai guru.
d. Meningkatkan kesanggupan kerja yang tinggi.
8. Terwujudnya standar pengelolaan sekolah yang bertaraf nasional.
a. Menyusun program-program dalam upaya pengembangan manajemen
sekolah bertaraf nasional.
b. Mengimplementasikan model manajemen berbasis sekolah secara
penuh.
Mengimplementasikan model manajemen sekolah yang bertaraf
nasional
d. Menjalin kerjasama dengan sekolah sederajat atau yang bertaraf
nasional.
9. Menyiapkan pembiayaan pendidikan untuk memenuhi standar biaya
sekolah bertaraf nasional.
a. Menyusun program-program dalam upaya pengembangan pembiayaan
sekolah bertaraf nasional.
b. Mengupayakan sumber pendanaan yang memadai untuk
penyelenggaraan pendidikan bertaraf nasional.
c. Melaksanakan kegiatan-kegiatan yang menghasilkan keuntungan
ekonomi.
d. Mewujudkan penggunaan dana secara optimal dan transparan baik
yang bersumber dari pusat, daerah, dan masyarakat.
10. Terwujudnya pengembangan budaya dan lingkungan bersih, budaya 5S,
dan budaya baca yang mendukung penyelenggaraan sekolah bertaraf
nasional
a. Mewujudkan kebiasan hidup bersih
b. Menciptaan lingkungan berbudaya, asri, lestari dan indah melalui
Gerakan Peduli Lingkungan Sekolah (GPLS)
c. Mewujudkan sistem sanitasi/drainasi yang sehat
d. Menciptakan budaya tata krama 5S (Salam, Sapa, Senyum, Sopan,
Santun)
e. Melaksanakan kegiatan literasi 15 menit sebelum memulai pelajaran.
f. Mewujudkan peningkatan kerjasama dengan lembaga lain dalam
pengembangan budaya dan kebersihan lingkungan.
g. Mewujudkan pengembangan lomba-lomba kebersihan, kesehatan dan
kerindangan sekolah.