SMP Negeri 1 Borong

Profil Sekolah

SMP Negeri 1 Borong adalah Sekolah Menengah Pertama Negeri di Borong, Sekolah ini terletak di tengah kota lebih tepatnya beralamat di Jalan Ki Hajar Dewantara , Kelurahan Rana Loba, Kecamatan Borong, sekolah ini beridiri pada tanggal 15 September 1978. Selama sekolah ini berdiri, SMP N 1 Borong telah menjadi sekolah yang memberikan pendidikan yang berkualitas kepada peserta didiknya, SMP N 1 Borong juga telah menghasilkan Outpun yang berkualitas. SMP N 1 Borong mengalami berbagai perkembangan termasuk peningkatan fasillitas dan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan siswa. 

Saat ini , sekolah ini aktif dan terakreditasi dengan predikat A. Nilai-nilai yang dijunjung tinggi oleh sekolah ini adalah intrgritas, kreatifitas, kerja sama, dan tanggung jawab. Sekolah ini memiliki 48 guru yang mengajar 648 siswa, dengan rincian siswa laki-laki 311 dan siswa perempuan 337. Fasilitas yang tersedia di SMP N 1 Borong meliputi 22 ruangan kelas, 1 ruangan UKS, 1 Ruangan guru, 1 ruangan Lap IPA, 1 ruangan Lap Komputer, 1 ruangan Agama Islam, 1 ruangan musik, 1 ruangan perpustakaan, 1 ruangan literasi, memiliki aula, panggung kreasi siswa (Podium), memiliki koleksibuku fiksi dan non fiksi dengan jumlah yang banyak, sekolah ini juga memiliki lapangan bola voli, lapangan bola kaki, lapangan bola basket serta internet Wi-Fi untuk guru dan siswa sebagai bentuk dukungan dalam mewujudkan sekolah Digital.

Kegiatan Ekstrakurikuler di SMPN 1 Borong memiliki banyak jenis antara lain : IMTAQ (iman dan taqwa), Olahraga, Pramuka, Kesenian, Mading, TIK, GPLS (Gerakan Peduli Lingkungan Sekolah), Sains Club. Ekstrakurikuler yang dimiliki membawa  hasil yang baik bagi siswa dengan prestasi yang diperoleh siswa/i. baik dalam bidang akademik maupun dalam bidang non akademik seperti siswa yang berhasil lolos dalam OSN tingkat provinsi dan Nasional, berhasil meraih juara lomba tari tingkat Kabupaten hal ini membuat SMP N 1 Borong diakui memperoleh Akreditasi A.dari Badan Akreditasi Nasional

SMP Negeri 1 Borong
Tahun Berdiri

1978

NPSN

10206139

Alamat

Jln. Ki Hajar Dewantara, Kel Rana Loba, Kec Borong, Manggarai Timur 86571

Visi

Terwujudnya peserta didik yang berprestasi dan berkarakter berdasarkan iman dan taqwa, aktif, kreatif, inovatif, terampil dan mandiri, serta berwawasan lingkungan

Misi
B. Berprestasi merujuk pada:
a. Pencapaian Akademik Tinggi: Siswa yang berprestasi cenderung memiliki
nilai atau skor ujian yang sangat baik dalam mata pelajaran tertentu.
b. Penghargaan atau Pengakuan: Siswa yang berprestasi bisa meraih
penghargaan, seperti sertifikat, penghargaan akademik, atau beasiswa
berprestasi.
c. Partisipasi dalam Kegiatan Ekstrakurikuler: Meskipun prestasi akademik
biasanya menjadi fokus utama, berprestasi dalam bidang pendidikan juga bisa
mencakup keberhasilan dalam kegiatan ekstrakurikuler seperti olahraga, seni,
atau organisasi siswa.
d. Kepemimpinan dan Keterlibatan: Siswa yang berprestasi seringkali
menunjukkan kemampuan kepemimpinan dan keterlibatan aktif dalam komunitas
sekolah mereka, seperti menjadi ketua kelas, OSIS atau berpartisipasi dalam
kegiatan sosial.
e. Pengembangan Keterampilan Khusus: Beberapa siswa mungkin berprestasi
dalam mengembangkan keterampilan khusus, seperti berbicara di depan umum
atau menulis,
Berkarakter merujuk pada sikap beriman dan bertaqwa, aktif, kreatif, inovatif,
terampil dan mandiri, serta berwawasan lingkungan”.

C. Misi
Berdasarkan visi dan indikator visi yang sudah dideskripsikan di atas,maka misi
SMP Negeri 1 Borong adalah:
1. Menyusun kurikulum sekolah
a. Pengembangan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP)
b. Tersedianya Capaian pembelajaran dan silabus mata pelajaran yang
mengintegrasikan Pendidikan Lingkungan Hidup.
c. Pengembangan Mata Pelajaran Muatan Lokal
d. Tersedianya kalender pendidikan.
e. Tersedianya Tujuan, Alur Tujuan Pembelajaran, kompetensi dasar dan
indikator-indikator pencapaian kompetensi.
f. Tersedianya Modul ajar dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran untuk
semua mata pelajaran.

2. Melaksanakan pembelajaran yang inovatif.
a. Mewujudkan berbagai model atau metode pembelajaran bertaraf
nasional untuk memungkinkan pembelajaran yang aktif, kreatif,
inovatif, efektif dan menyenangkan.
b. Mewujudkan berbagai strategi pembelajaran berbasis ICT yang aktif,
kreatif, efektif dan menyenangkan.
c. Menyusun berbagai program untuk mendukung keterlaksanaan
pembelajaran.
d. Mewujudkan proses pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan
hidup sebagai salah satu sumber pembelajaran.

3. Melaksanakan kegiatan ekstrakurkuler unggulan
a. Mengikuti Jambore Pramuka Penggalang pada berbagai jenjang
b. Menjuarai pertandingan O2SN jenjang kabupaten
c. Menjuarai lomba kesenian jenjang kabupaten
d. Menjuarai lomba KSN jenjang kabupaten

4. Melaksanakan kegiatan imtaq secara rutin
a. Melaksanakan sholat lima waktu
b. Melaksanakan kegiatan pesantren kilat
c. Mengikuti koor di Gereja
d. Katekese siswa

5. Terwujudnya standar kompetensi lulusan yang bertaraf nasional.
a. Menyusun standar SKL yang bertaraf nasional yang berlaku di sekolah
b. Memperluas dan memperdalam cakupan SKL sekolah menjadi SKL
bertaraf nasional
c. Meningkatkan apresiasi karya seni dan budaya daerah dan nasional
d. Meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi secara
efektif dan santun dengan bahasa Inggris.
e. Meningkatkan pemahaman jiwa kewirausahaan yang ramah terhadap
lingkungan.

6. Terpenuhinya standar sarana dan prasarana pendidikan yang bertaraf
nasional.
a. Menyusun program dalam upaya pengembangan fasilitas bertaraf
nasional
b. Mewujudkan fasilitas pokok sekolah yang bertaraf nasional.
c. Mewujudkan fasilitas pendukung bertaraf nasional.
d. Mengembangkan pemeliharaan dan perawatan fasilitas sesuai Standar
Nasional Pendidikan

7. Memiliki tenaga pendidik dan kependidikan yang memiliki kompetensi dan
kualifikasi untuk mengelola sekolah bertaraf nasional.
a. Meningkatkan kemapuan komputer dan internet bagi semua warga
sekolah.
b. Meningkatkan kemampuan guru dalam bidang studinya sesuai latar
belakang pendidikannya.
c. Mengembangkan Sertifikasi Profesi sebagai guru.
d. Meningkatkan kesanggupan kerja yang tinggi.

8. Terwujudnya standar pengelolaan sekolah yang bertaraf nasional.
a. Menyusun program-program dalam upaya pengembangan manajemen
sekolah bertaraf nasional.
b. Mengimplementasikan model manajemen berbasis sekolah secara
penuh.
Mengimplementasikan model manajemen sekolah yang bertaraf
nasional
d. Menjalin kerjasama dengan sekolah sederajat atau yang bertaraf
nasional.

9. Menyiapkan pembiayaan pendidikan untuk memenuhi standar biaya
sekolah bertaraf nasional.
a. Menyusun program-program dalam upaya pengembangan pembiayaan
sekolah bertaraf nasional.
b. Mengupayakan sumber pendanaan yang memadai untuk
penyelenggaraan pendidikan bertaraf nasional.
c. Melaksanakan kegiatan-kegiatan yang menghasilkan keuntungan
ekonomi.
d. Mewujudkan penggunaan dana secara optimal dan transparan baik
yang bersumber dari pusat, daerah, dan masyarakat.

10. Terwujudnya pengembangan budaya dan lingkungan bersih, budaya 5S,
dan budaya baca yang mendukung penyelenggaraan sekolah bertaraf
nasional
a. Mewujudkan kebiasan hidup bersih
b. Menciptaan lingkungan berbudaya, asri, lestari dan indah melalui
Gerakan Peduli Lingkungan Sekolah (GPLS)
c. Mewujudkan sistem sanitasi/drainasi yang sehat
d. Menciptakan budaya tata krama 5S (Salam, Sapa, Senyum, Sopan,
Santun)
e. Melaksanakan kegiatan literasi 15 menit sebelum memulai pelajaran.
f. Mewujudkan peningkatan kerjasama dengan lembaga lain dalam
pengembangan budaya dan kebersihan lingkungan.
g. Mewujudkan pengembangan lomba-lomba kebersihan, kesehatan dan
kerindangan sekolah.
Highlight Prestasi Sekolah
Akreditasi

A

Akreditasi Sekolah

Akreditasi

13

Total Penghargaan yang diterima Sekolah

Akreditasi

31

Total Sertifikasi yang diperoleh Sekolah